Sunday 25 August 2013

Lebih dekat dengan Google : Fitur-Fitur Google (bagian 2) - Picasa Web album, Google Scholar, Google Translate, Google Play, Google Docs & Spreadsheet, Google Patent, Google Alerts

loading...

Google adalah sebuah web search engine yang populer dan sangat lengkap. Dengan Google anda bisa mencari perihal website, berita, gambar, dokumen, blog, dll. Saya yakin pembaca pasti tahu tentang kehebatan Google, tapi jarang sekali mengetahui tentang fitur-fitur yang ada di Google secara lengkap. Oleh karena itu, saya akan ulas beberapa fitur Google yang mungkin bisa bermanfaat bagi pembaca.

  • Picasa Web Album
Link : klik di sini
Picasa merupakan perangkat lunak gratis yang digunakan untuk mengumpulkan, mengedit dan mempublikasikan foto dalam bentuk album web. Picasa juga bisa di-download secara gratis di web Google Picasa. Salah satu pemanfaatan Picasa yang umum adalah untuk meng-upload foto untuk ditampilkan pada blog.

tampilan Google Picasa


  • Google Scholar
Link : klik di sini
Google Scholar merupakan fitur Google yang digunakan untuk mencari informasi terkait dengan publikasi ilmiah. Dengan fitur ini, pengguna bisa melakukan pencarian terhadap makalah dan artikel ilmiah lainnya.
tampilan Google Scholar

  • Google Translate
Link : klik di sini
Google Translate merupakan fitur Google yang digunakan untuk melakukan penerjemahan kata, kalimat, maupun web page. Pengguna dapat melakukan penerjemahan dengan cara menentukan jenis bahasa (asal dan tujuan) penerjemahan. Kemudian pengguna mengetikkan kata atau kalimat yang akan ditranslate pada kotak dialog Tanslate text atau jika pengguna ingin mentranslate web page, maka ketik URL yang akan ditranslate pada kotak dialog Translate a page. Setelah itu klik Translate. Ketika menerjemahkan web page (misalnya dari bahasa Prancis ke Bahasa Inggris), maka Google akan menampilkan web page dengan tampilan yang sama dalam bahasa yang berbeda.
tampilan Google Translate

  • Google Play
Link : klik di sini
Google Play adalah sebagai pengganti Android Market toko online Google yang fungsinya sebagai tempat pembelian dan download aplikasi, musik, buku, film dan konten digunakan pada smartphone Android, tablet, Google TV dan perangkat sejenis.
Google meluncurkan Google Play pada Maret 2012 sebagai merek tunggal untuk semua konten Android, dengan Google Play sebagai pengganti Android Market, Google Play Music menggantikan Google Music, Google Play Books menggantikan Google eBookstore dan Google Play Movies menggantikan Android movie storefront.
Semua konten Google Play mampu digunakan di perangkat Android serta komputer dan laptop. Konten Google Play dapat diakses dari perangkat ini ketika pengguna sign in ke akun Google-nya.
tampilan Google Play

  • Google Docs & Spreadsheet
Link : klik di sini
Google Docs & Spreadsheet adalah fitur yang berguna sebagai pengolahan data secara online. Format data yang bisa digunakan adalah *.doc, *.xls, *.odt, *.ods, *.rtf, *.rsv dan lain-lain. Bagi pengguna Microsoft Office, fitur ini akan berfungsi sebagai aplikasi perkantoran online. Dengan fitur ini, pengguna bisa membuat dokumen teks dan menghitung angka dalam bentuk kertas kerja seperti excel atau lotus. Pengguna dapat bergabung dengan Google Docs & Spreadsheet setelah memiliki akun Gmail.
tampilan Google Docs & Spreadsheet sebelum Sign in

tampilan Google Docs & Spreadsheet setelah sign in

  • Google Patent Search
Link :  klik di sini
Google Patent Search digunakan untuk pencarian informasi tentang hak paten. penelusuran ini penting terutama untuk peneliti untuk menghindari adanya duplikasi ide dalam pelaksanaan riset. Google patent Search sangat sering digunakan di Amerika Serikat untuk mencari patent terbaru yang ada di sana.
tampilan Google Patent

  • Google Alerts 
Link : klik di sini
Google Alerts digunakan untuk memberikan alarm/peringatan tentang topik khusus melalui email sehingga informasi yang diterima selalu up to date. Misalnya anda ingin mendapatkan informasi secara berkala tentang topik tertentu, Google Alerts bisa mengirimkan email tentang topik tersebut secara rutin. Syarat utama yang hasrus dimiliki adalah memiliki akun Gmail.
Cara mendaftar Google Alerts adalah dengan cara menetukan search, terms, type, serta waktu alarm email dan disertai dengan penulisan email. Setelah itu tekan Enter. Pengguna juga bisa melakukan pengaturan dengan mengklik sign in to manage your alerts.
tampilan Google Alerts

bersambung ke bagian 3

loading...

Artikel Terkait