Sunday 25 August 2013

Lebih dekat dengan Google : Fitur-Fitur Google (bagian 3) - Google Groups, Google Calender, Google Voice, Google Hangout, Google 3D Warehouse, Google Wallet

loading...

Google adalah sebuah web search engine yang populer dan sangat lengkap. Melalui Google, anda bisa mencari perihal website, berita, gambar, dokumen, blog, dll. Saya yakin pembaca pasti tahu tentang kehebatan Google, tapi jarang sekali mengetahui tentang fitur-fitur yang ada di google secara lengkap. Oleh karena itu, saya akan ulas beberapa fitur Google yang mungkin bisa bermanfaat bagi pembaca.

  • Google Groups
Link : klik di sini
Google Groups digunakan untuk mailing list dan grup diskusi. Untuk mencari group tertentu dapat dilakukan pencarian pada kotak pencarian sesuai dengan kata kunci yang diketikkan.

tampilan Google Groups

  • Google Calender
Link : klik di sini
Google Calender merupakan fitur yang digunakan untuk penjadwalan dan berbagi info kejadian. Syarat pengguna supaya bisa sign in pada Google kalender adalah mempunyai Google Account atau account Gmail.
tampilan Google Calender sebelum Sign in

tampilan Google Calender setelah Sign in

  • Google Voice
Link : klik di sini
Google Voice adalah layanan telepon Internet dari Google yang memungkinkan panggilan gratis di seluruh dunia baik panggilan suara dan video antara PC dengan PC maupun panggilan PC ke telepon.
Google Voice juga dirancang untuk meningkatkan kemampuan saluran telepon yang sudah ada dengan menyediakan fitur seperti voicemail online, kemampuan untuk mengirim dan menerima pesan teks gratis, pilihan untuk menyampaikan pesan suara di-transkripsi sebagai pesan teks atau sebagai pesan email, dan penggunaan nomor telepon tunggal yang dapat diteruskan ke nomor lain.
Fitur Google Voice juga dapat digunakan pada perangkat mobile yang memiliki aplikasi Google Voice smartphone yang diinstal. Aplikasi Google Voice saat ini tersedia untuk iPhone, Blackberry dan perangkat Android.
tampilan Google Voice

  • Google Hangout
Link : klik di sini
Google Hangout adalah layanan video chat gratis dari Google yang mengaktifkan antara pengguna satu dengan lainnya dan grup chat sampai 10 orang di waktu yang sama. Ini hampir sama dengan Skype, FaceTime and Facebook Video Chat. Google Hangout lebih fokus face to face percakapan di grup.
Google hangout dapat diakses via laptop dan dekstop komputer sama baiknya dengan Android mobile. iOS mendukung tambahan video chatting di Google Hangout, pengguna dapat meng-share dokumen, scratchpads, gambar juga video youtube ke pengguna lain. Google Hangout juga bisa broadcase live video di web browser.
tampilan Google Hangout

  • Google 3D Warehouse 
Link : klik di sini
Google 3D Warehouse merupakan salah satu fitur Google yang digunakan untuk menampilkan model 3D bangunan secara spesifik. Selain itu, Google 3D Warehouse juga menyediakan mesin pencari model 3D yang dimiliki Google.
tampilan Googl3D Warehouse

  • Google Checkout atau Google Wallet
Link : klikdi sini
Google Checkout atau Google Wallet  digunakan untuk melakukan aktivitas pembelian secara online. Syarat utama bagi pengguna adalah mempunyai akun Google. Dengan fasilitas ini anda dapat mencari barang yang sesuai dan langsung melakukan pembelian dengan satu account, termasuk kemudian melacak status pembelian anda (order tracking). Untuk menggunakan fasilitas ini harus sign in menggunakan email Google terlebih dahulu.
 
tahap 1 Sign in akun Google
tahap 2 mengisi data-data pribadi


loading...

Artikel Terkait