Sunday 25 August 2013

Lebih dekat dengan Google : Fitur-Fitur Google (bagian 1) - Google Blog Search, Google Book Search, Google Shopping, Google Finance, Google Earth, Google Maps

loading...

Google adalah sebuah web search engine yang populer dan sangat lengkap. dengan google anda bisa mencari perihal website, berita, gambar, dokumen, blog, dll. Saya yakin pembaca pasti tahu tentang kehebatan Google, tapi jarang sekali mengetahui tentang fitur-fitur yang ada di Google secara lengkap. Oleh karena itu, saya akan ulas beberapa fitur Google yang mungkin bisa bermanfaat bagi pembaca.


  • Google Blog Search 
Link : klik di sini
Fitur ini digunakan untuk pencarian blog dengan topik tertentu, cara yang dilakukan adalah dengan mengetik kata kunci pada kotak pencarian, lau enter. Untuk hal yang lainnya tentang Google blog Search dapat dilihat pada sub menu Advanced Blog Search, serta dapat pula pengatur preferences seusai keinginan.


tampilan Google Blogs Search

  • Google Book Search 
Link : klikdi sini
Google Book Search digunakan untuk menemukan berbagai buku referensi, baik berupa buku teks atau buku populer, baik yang fiksi maupun nonfiksi.
Pemanfaatan fitur lainnya dari Google Book Search dapat dilakukan dengan memilih menu Advanced Book Search, salah satunya adalah mempromosikan buku Anda. dalam hal ini kita bisa mengiklankan buku kita. Petunjuk pencarian buku juga terdapat pada menu Google Book Search Help. 
Bila kita ingin mempromosikan buku kita maka terdapat tiga bagian petunjuk untuk mempromosikan buku pada Google secara gratis. Syarat yang harus dimiliki adalah memiliki akun Gmail.
tampilan Google Book Search 

  • Google Shopping 
Link : klik di sini
Google Shopping Merupakan fitur yang digunakan untuk melakukan belanja secara online. Pengguna dapat berbelanja sesuai dengan menu yang tersedia seperti yoga mats, bumper sticker dan lainnya.Jika daftar belanja tidak terdapat pada menu, maka pengguna dapat mengetikkan kata kunci pada kotak pencarian, lalu Enter.
tampilan Google Shopping

  • Google Finance
Link : klik di sini
Google Finance merupakan fitur Google yang digunakan untuk mendapatkan informasi tentang bisnis, keuangan, diagram interaktif dan lain-lain. Google Finance menampilkan market summary, today’s news dan sector summary. Market summary berisi tentang informasi bisnis dan keuangan. Today’s news menampilkan berita waktu mengakses Google, sedangkan Sector summary menampilkan informasi tentang diagram interaktif.
tampilan Google Finance

  • Google Earth
Link : klik di sini
Google Earth merupakan fitur Google yang digunakan untuk menampilkan bola bumi digital, sehingga dapat langsung menjelajahi bumi di depan komputer. Bagi pengguna yang tertarik dengan isu spasial menyangkut peta, tata ruang, penjelajahan dan lainnya, Google Earth mungkin salah satu yang menyajikan informasi terbaik dan gratis. Untuk menikmati fitur gratis ini pengguna silahkan mendownload lalu menginstal Google Earth Free. Sedangkan Google Earth Pro merupakan software komersil (harus membayar per bulan).
tampilan Google Earth

  • Google Maps
Link : klik di sini
Google Maps merupakan fitur Google yang dapat menampilkan model digital Bumi sehingga pengguna dapat melakukan penjelajahan. Fitur ini lebih sederhana dari Google Earth, akan tetapi mempunyai kelebihan dalam menampilkan peta tematik. Ada tiga opsi tampilan peta pada Google Maps, yaitu Map, Satellite dan Hybrid atau Earth. Menu Maps digunakan untuk menampilkan peta. Menu Satellite digunakan untuk melihat tampilan bumi melalui citra satelit, sedangkan menu Hybrid digunakan untuk menampilkan informasi kombinasi peta dengan citra satelit. Selain itu juga setiap tampilan peta ada opsi bantuan yaitu traffic, transit, photo, wheater, terrain, webcams, label, bicycling, 45o.
 tampilan Google Maps mode Earth dengan opsi label

  tampilan Google Maps mode Map dengan opsi traffic, transit, weather, terrain

 tampilan Google Maps mode Satellite dengan opsi traffic, transit, photo, weather, label

bersambung di bagian 2

loading...

Artikel Terkait

Oldest Page

1 komentar so far