Monday 5 May 2014

Tips Belanja Online dari Situs Luar Negeri

loading...

Mengapa membeli barang online dari luar negeri alias impor, ???
Banyak aspek yang menjadi pertimbangan neters melakukan pembelian impor, yaitu :
1. Agar kita dapat membeli barang dengan harga yang lebih murah.
2. Mendapat barang kualitas yang bagus.
3. Membeli barang yang belum dijual di dalam negeri.

Memang banyak barang bagus yang dijual di luar negeri, baik oleh perorangan melalui media online, seperti Ebay dan amazon, namun tidak sedikit juga yang menjual barang lewat website sendiri. Yang harus kita cermati dan waspadai adalah bahwa tidak semua penjual mempunyai iktikad baik. Contoh, seorang teman membeli sebuah barang dari Ebay. setelah uang ditransfer, barang yang dibeli tak kunjung datang atau barang datang tapi tidak sesuai dengan aspek yang diiklankan. Apa yang dapat dilakukannya? Tidak ada! Mau komplain ke mana tidak tahu. Oleh karena itu harus berhati-hati terhadap penjual nakal ini. Jangan sampai terjebak oleh mereka.

Indikator penjual, baik perorangan ataupun yang mempunyai website sendiri, dapat dipercaya adalah :
1. Untuk membeli barang dari media jual beli online internasional seperti Ebay, belilah dari penjual yang memiliki reputasi baik. Disarankan yang memiliki reputasi Feedback lebih dari 97% positif terutama di transaksi-transaksi terakhir penjual tersebut. Lebih baik lagi jika penjual tersebut adalah Power Seller, penjual berprestasi pada Ebay.
cara belanja online
Feedback salah satu penjual di Ebay

Lihatlah tanda merah pada gambar, menunjukkan reputasi salah satu penjual di Ebay dengan rate 100% positive feedback. Apabila ingin membaca lebih detail bahkan ingin mengatahui pesan maupun kritik dari pembeli-pembeli sang penjual, klik saja feedback tersebut nanti akan menuju ke halaman feedback yang lebh detail.
belanja online
detail Feedback dari pembeli


2. Apabila penjual mempunyai website, periksa privacy dan keamanan website tersebut. Langkah pertama, hubungi mereja dengan telepon atau email. Ingat, jangan melakukan transaksi dengan website yang pemiliknya tidak dapat dihubungi. Cari tahu lewat orang lain yang pernah bertransaksi dengannya, bagaimana reputasinya di forum atau website lain. Lebih baik lagi jika website tersebut sudah diverifikasi oleh Verisign, Cnet Certifed Store, BBB Accredited Business, GeoTrust, Stella Service, Customer Certitied atau verifikasi keamanan lainnya. Pastikan juga logo verifikasi keamanan yang tercantum di website tersebut dapat di-klik atau di-link ke website verifikasi masing-masing. Jika tidak anda perlu curiga.

Lebih baik lagi jika website tersebut dilengkapi SSL secured, yaitu tanda gembok berwarna kuning di sebelah kanan bawah browser. Tanda itu menunjukkan bahwa website tersebut memiliki keamanan berlapis.
Verifikasi pada web macsales.com

Gambar di atas adalah sebuah website penjual, yaitu macsales.com. tampak di situ ada beberapa verifikasi seperti BBB Accredited Business, Digicert Secure, Cnet Certifed Store, juga McAfee Secure. Dan tentunya apabila kita meng-klik logo-logo tersebut, kita akan ke halaman verifikasi website macsales.com yang menunjukkan bahwa macsales.com benar-benar terverifikasi oleh mereka bukan hanya gambar logo bohongan.
cara belanja online
halaman Cnet Certifed Store pada macsales.com



berikut beberapa website luar negeri yang bersertifikasi dan aman untuk berbelanja, selain Ebay dan amazon

1. www.dhgate.com
2. www.macsales.com
3. www.budgetgolf.net
4. www.lightinthebox.com
5. www.simpledistributors.com
6. www.etsy.com

Anda bisa mencari website-website luar negeri yang aman berdasarkan standar yang ada :
1. Tanda sertifikasi asli di website tersebut.
2. Feedback dari pihak pembeli
3. Rate yang diberikan kepada si penjual ( seperti Ebay )
Jangan asal beli barang yang ditawarkan oleh penjual dari luar negeri. kita harus hati-hati.

Sedangkan alat pembayaran yang sering digunakan adalah western union dan alat pembayaran online seperti Paypal.

loading...

Artikel Terkait

11 komentar